Wings Air resmi buka rute penerbangan Bengkulu-Mukomuko

Bengkulu (ANTARA News) – Maskapai penerbangan domestik Wings Air, Kamis, secara resmi membuka rute penerbangan Kota Bengkulu-Kabupaten Mukomuko.

“Peresmian rute baru Kota Bengkulu-Mukomuko ini merupakan komitmen kami dalam mengembangkan sektor pariwisata di Indonesia, khususnya Bengkulu,” kata Direktur Operasional Wings Air Kapten Redi Irawan saat mendarat di Mukomuko.

Kehadiran maskapai Wings Air di daerah itu diharapkan bisa mempersingkat jarak tempuh Kota Bengkulu dan Kabupaten Mukomuko sepanjang 247 kilometer.

Jika ditempuh dengan perjalanan darat, maka ruas Bengkulu-Mukomuko bisa memakan waktu enam jam perjalanan, sedangkan dengan pesawat hanya membutuhkan waktu 30 menit.

Penerbangan Bengkulu-Mukomuko ini, kata dia, menggunakan pesawat jenis ATR72-500 dan ATR72-600 asal Prancis dengan kapasitas 72 tempat duduk.

Penerbangan dilakukan setiap hari mulai pukul 10.40 WIB dari Bandar Udara Fatmawati Soekarno, Kota Bengkulu dan tiba di Bandar Udara Mukomuko pukul 11.20 WIB.

Sedangkan, jadwal keberangkatan dari Mukomuko pukul 11.40 WIB dan diperkirakan mendarat pukul 12.20 WIB di Kota Bengkulu.

Dengan penerbangan ini, Redi menambahkan nantinya wisatawan yang mengunjungi Kota Bengkulu juga sekaligus ke Mukomuko yang terletak di perbatasan Provinsi Bengkulu dan Sumatera Barat.

Di Mukomuko terdapat berbagai objek wisata dan bisnis andalan seperti Danau Nibung, Pantai Batung Banduro, kawasan perkebunan sawit hingga agroindustri.

“Sebagai kawasan pesisir barat Pulau Sumatera, Provinsi Bengkulu menyajikan pemandangan udara yang ‘instagramable’. Kami berharap kehadiran Wings Air akan menarik minat wisatawan milenial untuk berkunjung ke daerah ini,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu Bambang Budi Jatmiko mengapresiasi pembukaan rute baru penerbangan Wings Air, karena dapat memudahkan aksesibilitas dan konektivitas masyarakat.

“Dengan adanya pesawat, maka mobilitas orang dan distribusi barang akan lebih cepat. Hal ini akan berdampak terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah melalui sektor pariwisata, industri kreatif hingga bisnis,” katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa pemerintah saat ini tengah mengupayakan penambahan rute baru penerbangan antara Bengkulu dengan Pulau Enggano, Padang, Medan, Bandung, dan Yogyakarta.

Baca juga: Wings Air buka rute Pangkalpinang-Pontianak mulai 10 Agustus

Pewarta:
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018