Renyah tawaran gerai ayam CFC

KONTAN.CO.ID – Anda pasti sudah tak asing lagi dengan brand California Fried Chicken (CFC). Gerai ayam goreng krispi ini merupakan salah satu pemain besar di bisnis ayam goreng renyah tanah air. 

Berdiri sejak 1983, kini sudah ada 285 gerai CFC yang tersebar di seluruh Indonesia. Dari jumlah itu, 20% gerai diantaranya merupakan waralaba.  

Regional Manager Franchise CFC, Syaparudi atau yang akrab disapa Rudi menjelaskan, ada dua sistem kemitraan CFC. Yakni, sistem Joint Venture (JV) dan sistem franchise biasa. Untuk sistem JV, paketnya senilai Rp 450 juta. “Biaya Rp 450 juta itu perkiraan untuk sewa tempat dan renovasi. Sedangkan, biaya operasional, seperti pengadaan peralatan, bahan baku dan karyawan ditanggung oleh pusat,” jelas Rudi. 

Sistem JV menerapkan skema bagi hasil.  Jadi, mitra bakal mendapat 11% dari total omzet perbulan. “Target omzet minimal JV ini Rp 200 juta per bulan,” kata dia. 

Sedangkan untuk sistem franchise biasa, CFC menawarkan tiga paket, yaitu paket dining Rp 400 juta, paket food court Rp 330 juta, dan paket satelit Rp 115 juta. Mitra mendapat fasilitas kerjasama brand dan franchise selama 5 tahun, peralatan usaha lengkap, desain interior dan layout, sistem operasional, seragam dan pelatihan karyawan. 

Rudi mengatakan investasi ketiga paket tersebut di luar dari biaya sewa tempat, renovasi, dan bahan baku awal. Setiap paket investasi juga memiliki ketentuan minimal luas tempat yang berbeda. Mulai dari 9 m², 45 m² hingga 120 m².  “Khusus paket satelit, mitra harus punya paket dining lebih dulu untuk pusat dapurnya,” kata Rudi.  

Soal perkiraan omzet, Rudi menjelaskan, tiap paket juga memiliki target yang berbeda. Target omzet paket dining minimal Rp 300 juta per bulan, paket foodcourt Rp 180 juta, dan paket satelit Rp 60 juta. Ia mengatakan, gerai mitra yang telah bergabung, rata-rata mencapai balik modal 24-30 bulan. 

Untuk sistem franchise ini, ada biaya royalti. “Tahun pertama 5% tiap bulan, tahun kedua 6% dan tahun ketiga 7%,” ungkap Rudi. Mitra juga wajib memasok semua bahan baku dari pusat. 

CFC sendiri menjual beragam menu siap saji, seperti paket ayam goreng renyah, burger, kentang goreng, sosis, sup, spageti, dan sebagainya. Harganya mulai Rp 20.000 sampai Rp 125.000 per porsi. Semua gerai mitra harus mengikuti acuan harga jual pusat.  

Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI), Levita Supit berpendapat kemitraan bisnis menu ayam goreng renyah memang masih menjanjikan. Namun, persaingan sangat ketat. Namun, posisi brand CFC yang sudah cukup dikenal masyarakat bisa menjadi pertimbangan.                         

California Fried Chicken
Jl Palmerah Utara No. 100
Jakarta Barat
HP. 082262322074

Reporter: Elisabeth Adventa
Editor: Johana K.

Reporter: Elisabeth Adventa
Editor: Johana K.

WARALABA