Hewan kesayangan tampil cantik, bisnis salon hewan kian ciamik

KONTAN.CO.ID – Mendandani hewan peliharaan kini menjadi aktivitas wajib bagi pemiliknya. Anjing atau kucing yang tampak bersih dan cantik pasti akan lebih menyenangkan bagi si empunya.  

Namun, belakangan, mereka juga suka membuat hewan kesayangannya tampil beda. Yakni, mengikuti model gunting bulu yang sedang populer. Mereka pun tidak ragu merogoh koceknya dalam-dalam untuk membawa hewan peliharaannya ke salon hewan (pet grooming). Alhasil, omzet salon hewan pun ikut terdongkrak. 
Kiki Ariyani Suryanata, pemilik House of Pug mengamini hal tersebut. Dia bilang, kini, layanan gunting bulu yang paling diminati pelanggan. 
Mengikuti tren, hewan-hewan ini tampil dengan model boo alias model gunting bulat di area kepala saja ala Korea. Si pudel pun sekejap akan tampil beda.  
Jenis anjing yang banyak disentuh gunting bulu bergaya boo adalah anjing pudel. Sebab, sesuai dengan karakter tubuhnya yang kecil dan bermuka imut. Sedangkan, untuk anjing bertubuh besar tidak ada model guntingan khusus. Hanya, dipotong untuk merapikan bulu-bulu yang panjang. 
Layanan lainnya yang juga diminati mandi. Pasalnya, banyak dari pemilik hewan itu yang tidak lagi sempat memandikan peliharaannya. Seluruh layanan tersebut dibanderol mulai dari Rp 50.000 sampai dengan Rp 400.000 per ekor. Rata-rata dalam sehari ada 10 ekor anjing yang harus dimandikan, gunting, atau diberikan perawatan lainnya. 
Konsumen House of Pug datang dari sekitar kota Surabaya, Sidoarjo dan Mojokerto. Untuk menyelesaikan seluruh permintaan tersebut, Kiki dibantu oleh empat orang karyawan. 
Perempuan asal Jakarta ini, mengatakan butuh ketrampilan khusus untuk menangani hewan peliharaan. “Setiap hewan mempunyai karakter yang berbeda-beda,” katanya. 
Wahyu Chandra Prihatini Dewi, pemilik Pet Grooming Surabaya pun mengamini hal tersebut. Sabar, telaten, dan suka binatang menjadi poin penting untuk setiap perawat hewan peliharaan. 
Berbeda dari sebelumnya, sejak tiga tahun lalu sampai sekarang dia masih menyelesaikan seluruh permintaan perawatan anjing dan kucing seorang diri. Alasannya, cukup sulit untuk mendapatkan karyawan yang pas dengannya. 
Rata-rata dalam sehari terdapat lima sampai enam ekor kucing dan anjing yang harus dibersihkan. Waktu perawatan satu ekor anjing arau kucing membutuhkan waktu sekitar dua jam. 
Menurutnya, guntingan bulu pompom alias bulat hanya disukai para pemilik anjing. Sedangkan, untuk kucing biasanya hanya ingin model gunting standar supaya bulunya tampak rapi.  
Perempuan yang lebih akrab disapa dengan Ayu ini mematok tarif layanannya mulai dari Rp 40.000-Rp 50.000 per ekor untuk kucing, Sementara tarif ditetapkan Rp 60.000-Rp 70.000 per ekor untuk anjing.    

Reporter: Tri Sulistiowati
Editor: Johana K.

HEWAN PELIHARAAN

  • INDEKS BERITA