Emak-Emak penentu keputusan belanja masa kini

KONTAN.CO.ID –  JAKARTA. Kaum emak-emak, alias para ibu masih menjadi penentu belanja rumah tangga. Ini tercermin dari hasil riset tahuanan Indonesian Digital Mums 2018 yang dipaparkan Asianparent, sebuah platform parenting di bawah naungan Tickled Media. Riset ini berdasarkan tren perilaku online lebih dari 1.000 ibu-ibu digital masa kini.

Laporan tersebut menyebut sebanyak 99% kaum ibu di Indonesia menjadi penentu belanja rumah tangga. Yang memakai internet melonjak  48,7%, tapi kebiasaan menonton televisi menurun hingga 78,5%.

“Seperti ibu-ibu di negara Asia Tenggara lainnya, ibu di Indonesia semakin aktif mengonsumsi internet dan semakin cerdas secara digital,” ujar Roshni Mahtani, Founder dan CEO Tickled Media, Kamis (13/9).

Dengan hasil laporan tersebut, ia menyarankan kepada perusahaan untuk memanfaatkan kondisi tersebut. Bila ada perusahaan yang ingin memasarkan produk dengan target para ibu, maka harus dilakukan secara digital.

Itu semua terjadi lantaran smartphone kini menjadi gadget penting bagi ibu digital. Mulai dari membaca, berkomunikasi hingga memonitor anak yang bisa dilakukan melalui ponsel mereka. Termasuk juga dalam urusan belanja. Jadi jangan heran bila para ibu masa kini punya sebutan sebagai Chief Household Officer (CHO), yaitu pembuat keputusan utama untuk pembelian keperluan di rumah mereka.

Beberapa temuan kunci lainnya adalah konsumsi internet yang meningkat signifikan. Lantas Instagram menjadi platform media sosial yang paling banyak digunakan, dan smartphone sebagai pilihan utama menjelajahi internet.

Sebagai tambahan informasi, riset ini melibatkan responden dari wilayah Jabodetabek, Surabaya, Yogyakarta, Medan dan Bandung. Riset ini secara komprehensif memapaparkan berbagai kecenderungan aktivitas para ibu terkait konsumsi internet, penggunaan media sosial, kebiasaan belanja rumah tangga dan temuan menarik lainnya.

Reporter: Denisa Kusuma
Editor: Markus Sumartomjon

BISNIS START-UP